Monday, April 23, 2018

10 Film Keren Tentang Anak Jalanan

Mereka adalah para pejuang. Hidup di lingkungan yang keras sering kali membuat mereka jadi berandalan. Tapi tak sedikit yang sukses dan jadi pahlawan di jalanan. Dari kehidupan mereka kita bisa mencontoh banyak hal. Salah satu yang paling utama adalah, mensyukuri kenikmatan yang kita punya saat ini. Barangkali kamu merasa bahwa hidupnya sedang sulit dan menderita. Tapi ketahuilah, di luar sana masih banyak yang berada jauh di bawah kita. Berikut ini ada daftar film bagus tentang anak jalanan versi Jagongbakarrr.




1. Moonlight (2016)





Bercerita tentang kisah seorang bocah kulit hitam dari mulai kecil sampai ia tumbuh menjadi dewasa. Ceritanya berpusat pada tiga waktu, saat ia masih kecil, saat ia remaja, dan saat ia dewasa. Dimana ia berusaha untuk mencari jati diri di tengah-tengah lingkungan yang sulit dan keras. Ibunya adalah seorang pelacur sekaligus pecandu narkoba. Akibatnya bocah ini jadi dibully habis-habisan seumur hidupnya. Itu membuatnya jadi stress berat dan frustasi. Ada adegan gay.




2. Slumdog Millionaire (2008)





Jamal Malik adalah seorang pemuda berusia 18 tahun yang berasal dari lingkungan kumuh di Mumbai. Ia harus menghadapi kerasnya hidup sebagai anak gelandangan sampai ia dewasa. Sedikit lagi, ia akan memenangkan acara televisi paling bergengsi yang bernama "Who Wants to Be a Millionaire ?". Namun, saat Jamal telah berhasil menjawab hampir dari semua pertanyaan, ia dituduh telah berbuat curang.

Jamal pun mulai menjelaskan tentang bagaimana ia bisa menjawab seluruh pertanyaan itu. Ia mulai menceritakan kisah hidupnya yang semuanya ada kaitannya dengan semua pertanyaan kuis tersebut. Sebuah kisah yang penuh dengan penderitaan dan perjuangan.




3. Lion (2016)





Di India, 80.000 anak menghilang dan tersesat setiap tahunnya. Biasanya mereka akan berakhir meninggal atau ditangkap oleh orang-orang jahat yang mencoba mempekerjakan anak-anak gelandangan untuk jadi pengemis atau dijual.

Berdasarkan kisah nyata. Seorang bocah berumur lima tahun tersesat di jalanan Kalkuta. Ia bernama Saroo. Saroo mengalami banyak tantangan hidup sebagai gelandangan. Ia sempat dibawa ke panti asuhan dan diadopsi oleh sebuah keluarga di Australia. Saroo hidup damai dan bahagia disana. Namun 25 tahun kemudian, ia malah terjebak dalam masa lalu dan kenyataan dimana Saroo terus terbayang dengan keluarga kandungnya. Saroo pun memutuskan untuk kembali ke India demi mencari keluarganya yang telah lama hilang.




4. Gridiron Gang (2006)





Setiap anak remaja berusia 17 tahun, pasti pernah melakukan kesalahan. Dan beberapa dari mereka memilih jalan hidup yang salah. Akibatnya sebagian dari mereka masuk penjara. Dari sekian banyak anak-anak yang bebas dari penjara, sebanyak 75% dari mereka akan melakukan kejahatan lagi dan berakhir di penjara atau mati di jalanan.

Film ini bercerita tentang sebuah penjara khusus anak remaja yang diawasi oleh Sean Porter. Sean merasa frustasi karena anak-anak remaja yang ada di penjara selalu berakhir tragis padahal mereka masih muda. Karena Sean adalah seorang mantan pemain football, ia punya inisiatif untuk membentuk sebuah tim football yang terdiri dari para tahanan remaja. Mereka harus mengesampingkan persaingan dan pertikaian antar geng untuk pertama kalinya menjadi pemenang dan bukan pecundang. Berdasarkan kisah nyata.




5. City of God (1996)





Bercerita tentang dua anak laki-laki yang tumbuh di lingkungan keras di Rio de Janeiro. Yang satu menjadi seorang fotografer, yang satu adalah pengedar narkoba. Sebenarnya keseluruhan cerita cukup sederhana, tapi alurnya tidak membosankan dan kamu akan dibuat terkesima selama 130 menit. Kesan film ini terlihat sangat nyata tentang anak-anak di Brasil pada tahun 60-80an. Banyak sekali kekerasan yang akan dipertontonkan di film ini seperti pemerkosaan, perampokan, senjata api, pembunuhan, dan semua itu dilakukan oleh anak-anak.




6. Gran Torino (2008)





Walt Kowalski adalah seorang veteran perang yang ikut serta dalam perang di Korea. Sekarang ia telah pensiun dan menjadi orang tua yang keras, pemarah, dan tak bahagia. Bahkan dengan anaknya sendiri, ia sering bersikap keras, juga dengan tetangganya. Kowalski punya harta berharga yaitu mobil Gran Torino tahun 1972. Ketika sekelompok geng remaja berniat untuk mencuri mobilnya, Kowalski harus mengambil tindakan terhadap para anak jalanan yang mulai meresahkan.




7. 8 Mile (2002)





Film yang satu ini akan berkisah tentang salah satu rapper favoritmu yaitu Eminem. Seorang rapper muda bermimpi ingin jadi terkenal dan membesarkan namanya. Namun teman-temannya dan lingkungan sekitarnya nampak membuat perjuangan ini menjadi semakin sulit. Mampukah Jimmy 'B-Rabbit' Smith mewujudkan impiannya ?




8. Green Street Hooligans (2005)





Setelah dikeluarkan dari Universitas Harvard karena kepemilikan kokain, Matt pindah ke London untuk tinggal bersama saudarinya dan suami saudarinya yang bernama Steve. Disana Matt mulai diperkenalkan dengan dunia football jalanan dan kelompok geng di kota Birmingham. Tapi seiring berjalannnya waktu, Matt akan segera menyadari bahwa itu bukanlah football biasa. Mereka adalah pemain football berandalan yang tergabung dalam GSE (Green Street Elite).




9. Boyz n the Hood (1991)





Konflik film ini berpusat pada masalah sosial di pusat kota Los Angeles yang berkisah tentang tiga anak muda yang tumbuh bersama di jalanan. Setiap dari mereka memiliki masalah masing-masing dan kepribadian masing-masing. Ricky ingin memenangkan pertandingan football supaya dapat beasiswa ke USC. Sedangkan Dough bermasalah dengan kekerasan, alkohol, dan kriminalitas karena pengaruh lingkungan. Ada juga Tre, yang diajari oleh ayahnya untuk jadi pria yang selalu bertanggung jawab atas setiap tindakannya.




10. Alpha Dog (2006)





Ngomong kasar, suka bawa senjata api, dan nongkrong-nongkrong bareng geng mereka, itulah kehidupan anak jalanan di California pada tahun 20an. Johnny Truelove adalah anak yang keras. Dia adalah putra dari seorang mafia jalanan dan pengedar narkoba. Johnny suka menggunakan kekerasan saat semuanya tak berjalan sesuai keinginannya. Ketika Jake Mazursky gagal membayar hutang kepada Johnny, keluarga Mazursky jadi kacau-balau.

Johnny dan gengnya memutuskan untuk menculik adik laki-laki Jake yang berusia 15 tahun dan menyanderanya. Masalah adalah, untuk apa mereka menyandera anak dari keluarga miskin ?




Baca juga rekomendasi film, anime, dan TV series berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment