Friday, April 20, 2018

15 Anime Terbaik Tentang Time-Travel

Membahas time-travel memang selalu seru dan tak pernah ada habisnya, apalagi dengan banyaknya film yang mengangkat tema time-travel ini. Tapi meski begitu, ternyata tak hanya film saja yang mengangkat tema ini ke dalam tontonan yang asik, tapi pihak anime juga sudah sering mengangkat tema mesin waktu ini ke dalam tontonan anime yang seru dan klasik. Berikut ini ada daftar anime keren bertema penjelajahan waktu yang mungkin bisa memuaskan rasa penasaranmu.




1. Steins;Gate





Okabe Rintarou adalah seorang ilmuwan gila yang tinggal di sebuah bangunan tua di Akihabara. Ia tinggal bersama seorang hacker mesum bernama Daru dan teman masa kecilnya bernama Mayuri Shiina. Mereka suka bereksperimen dan mencoba untuk menciptakan mesin waktu. Pada awalnya, mereka berhasil mengirimkan SMS ke masa lalu. Kemudian penelitian mereka berlanjut dan semakin seru.

Dibantu oleh seorang ilmuwan cerdas bernama Makise Kurisu, Okabe dan teman-temannya memulai petualangannya. Yang menarik dari anime ini adalah, setiap teori yang disampaikan terlihat cukup realistis dan cocok dengan teori mesin waktu yang ada di dunia nyata. Tak heran anime ini menjadi salah satu anime terbaik sepanjang masa.




2. Boku dake ga Inai Machi (Erased)





Satoru Fujinuma adalah seorang mangaka yang sedang galau. Ia punya sebuah kekuatan misterius dimana Satoru bisa kembali ke masa lalu beberapa menit sebelum sebuah kecelakaan terjadi, untuk menyelamatkan orang yang ada di sekitarnya. Satoru punya sebuah penyesalan terbesar dalam hidupnya, yaitu ia tidak bisa menyelamatkan teman masa kecilnya yang bernama Kayo Hinazuki. Suatu hari, tak disangka Satoru bisa kembali ke masa lalu, yaitu 18 tahun ke belakang dimana Satoru masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Inilah kesempatan bagi Satoru untuk menyelamatkan Hinazuki dan memperbaiki semuanya.




3. Mirai Nikki (The Future Diary)





Yukiteru Amano adalah seorang anak SMA kesepian yang suka menulis diari di ponselnya. Suatu hari, Yuki dikirimi SMS dari masa depan oleh Deus, dewa yang menguasai waktu dan ruang. Yuki dipaksa untuk mengikuti sebuah game kematian dimana ia harus menemukan dan membunuh 11 orang saingan untuk memenangkan permainan. Nantinya, sang pemenang akan menjadi pengganti Deus, dan menjadi dewa.

Tapi perjuangan Yuki tidaklah mudah karena ia harus menghadapi seorang gadis psikopat yang menyukai Yuki.




4. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu (Starting Life in Another World)





Subaru Natsuki adalah seorang remaja biasa yang hidupnya berubah ketika ia terjebak dalam sebuah dunia fantasi. Tidak diketahui bagaimana caranya Subaru bisa ada disana, sehingga ia mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Sepanjang perjalanan, Subaru bertemu dengan teman-teman baru yang akan mewarnai petualangannya. Uniknya, setiap kali Subaru mati di dunia itu, ia akan kembali mengulang waktu mirip seperti yang terjadi di dunia game.

Kini saatnya Subaru mencari tahu kebenaran dibalik dunia tersebut dan menyelamatkan orang-orang yang ada di sekitarnya.




5. Toki wo Kakeru Shoujo (The Girl Who Leapt Through Time)





Makoto Konno adalah seorang anak SMA yang sedang galau dengan masa depannya. Ia bingung untuk memilih antara menggapai cita-cita atau menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Suatu ketika, hidup Makoto berubah saat ia menyadari bahwa dirinya punya kemampuan untuk memanipulasi waktu. Makoto memutuskan untuk menggunakan kemampuannya itu demi mengubah hidupnya menjadi lebih baik lagi. Namun, Makoto akan segera menyadari bahwa hal terkecil yang ia ubah di masa lalu, akan menimbulkan konsekuensi besar dalam hidupnya.




6. Mahou Shoujo Madoka★Magica (Puella Magi Madoka Magica)





Madoka Kaname dan Sayaka Miki adalah anak SMP biasa dan hidup normal seperti anak-anak lainnya. Suatu ketika, mereka bertemu dengan seekor makhluk ajaib mirip kucing yang bernama Kyuubey. Kyuubey memberi tawaran kepada mereka tawaran untuk menjadi gadis penyihir. Dengan begitu mereka punya kemampuan untuk memanipulasi waktu demi mewujudkan semua impian yang mereka mau.




7. Charlotte





Yuu Otosaka adalah seorang remaja yang memiliki kemampuan ajaib yaitu membaca pikiran dan mengendalikan tubuh orang lain selama 5 detik. Suatu ketika Yuu dikirim ke sebuah sekolah bernama Hoshinoumi Academy yang berisi para murid yang memiliki berbagai kekuatan supranatural. Di sana ada salah satu orang yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi waktu. Kemampuan spesial inilah yang akan memiliki peran penting untuk menentukan jalan cerita anime ini.




8. Kimi no Nawa (Your Name)





Mitsuha Miyamizu adalah seorang gadis SMA yang tinggal di desa. Ia selalu bermimpi menjadi seorang cowok kaya yang hidup di kota. Di tempat lain, ada seorang cowok SMA bernama Taki Tachibana yang hidup di tengah hiruk-pikuk kota. Ia ingin terbebas dari keramaian kota dan hidup tenang di desa. Suatu hari, keinginan mereka bisa terwujud secara ajaib. Mitsuha dan Taki bisa bertukar tubuh dan berganti kehidupan.

Meski terpisah antara ruang dan waktu, kedua anak muda ini mulai penasaran dan ingin mengenal satu sama lain. Mereka harus berpacu melawan waktu sebelum meteor misterius menghantam Bumi.




9. Seikimatsu Occult Gakuin (Occult Academy)





Pada tahun 2012, dunia dijajah oleh alien dan para penjelajah waktu mulai dikirim ke tahun 1999. Para agen waktu tersebut harus menemukan Nostradamus Key, yang merupakan penyebab kiamat. Mereka dibekali ponsel khusus untuk mendeteksi Nostradamus Key. Sebenarnya anime ini cukup mirip dengan film klasik berjudul Twelve Monkey yang memiliki cerita yang hampir sama.




10. Buddy Complex





Anime ini bercerita tentang sekumpulan robot raksasa dari masa depan yang menyerang Bumi. Sang tokoh utama bernama Aoba Watase yang hidupnya diselamatkan oleh seorang gadis bernama Hina Yumihara. Hidup Aoba berubah setelah dirinya dibawa menuju ke masa depan, tepatnya 70 tahun ke masa depan. Perpaduan tema antara robot raksasa dan putaran waktu ini, cukup menarik untuk ditonton.




11. Nobunaga Concerto





"Siapa yang peduli tentang masa lalu Jepang? Itu tidak ada hubungannya dengan hidupku." Kata-kata ini diucapkan oleh anak SMA ceria bernama Saburou. Secara misterius ia tiba-tiba terlempar ke masa lalu ke Era Sengoku yang kuno. Saburou bertemu dengan jenderal legendaris bernama Nobunaga Oda.

Karena lelah dengan aktivitasnya sehari-hari, jenderal Nobunaga meminta tolong kepada Saburou untuk menggantikan posisinya sebagai jenderal di Jepang. Saburou akhirnya menuruti permintaan Nobunaga, orang yang sama sekali tidak ia kenal. Saksikan kisah Saburou yang berpetualang di masa lalu Era Sengoku Jepang. Pengetahuannya tentang dunia modern mungkin akan membantunya untuk menyatukan seluruh Jepang.




12. Oda Nobuna no Yabou





Anime comedy-romance ini bercerita tentang seorang siswa SMA berusia 17 tahun yang bernama Sagara Yoshiharu. Suatu hari ia terlempar ke masa lalu, tepatnya ke periode Sengoku, di mana semua penguasa Samurai besar ternyata adalah gadis-gadis imut dan lucu.




13. Zipang





Sebuah kapal perang super canggih secara misterius muncul di tengah-tengah Perang Dunia II. Jika kamu ingin pamer di tengah Perang Dunia II pada jaman dahulu, maka kapal perang super canggih dari masa depan bisa jadi pilihan, hahaha. Namun, meski ini memberi keuntungan besar bagi satu pihak, para tentara tidak ingin meninggalkan bekas di masa lalu, supaya tidak mengacaukan masa depan.




14. InuYasha





Bercerita tentang Kagome Higurashi, seorang gadis berusia lima belas tahun yang hidupnya berubah drastis saat iblis menyeretnya ke sumur terkutuk di kuil Shinto milik keluarganya. Alih-alih menabrak bagian bawah sumur, Kagome malah pergi ke 500 tahun di masa lalu saat periode Sengoku Jepang yang keras. Tidak hanya itu, Kagome juga menyadari bahwa dirinya adalah pembawa Shikon no Tama, permata supernatural yang bisa mengabulkan permintaan apapun. Sayangnya, akibat pertempuran dengan iblis, permata itu hancur menjadi jutaan kepingan.

Kagome akhirnya meminta bantuan seorang siluman setengah anjing dan setengah manusia bernama Inuyasha. Dibantu oleh rekan-rekan yang lainnya, mereka harus berjuang untuk menemukan pecahan permata itu agar tidak jatuh ke tangan yang salah.




15. The Melancholy of Haruhi Suzumiya





Kyon adalah seorang siswa SMA biasa yang sudah tak percaya lagi dengan hal-hal supranatural. Namun saat ia bertemu dengan Haruhi Suzumiya, Kyon diajak untuk bergabung dengan ekstrakulikuler milik Haruhi dimana mereka suka meneliti tentang alien, penjelajah waktu, esper, dan sebagainya. Sejak itulah petualangan mereka dimulai untuk mengungkap hal-hal yang tak bisa dijelaskan dengan logika.




Baca juga rekomendasi film, anime, dan TV series berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment