Sunday, January 7, 2018

20 Film Time Travel Terbaik Sepanjang Masa

Bicara soal time-travel, kita selalu dibuat penasaran dengan mesin waktu. Apakah mesin waktu atau perjalanan waktu menuju masa lalu dan masa depan bisa terjadi sungguhan ? Atau itu cuma fiksi belaka ? Jika memang benar bahwa kita bisa menjelajahi masa lalu dan masa depan sesuka hati, kira-kira apa yang akan terjadi pada dunia ini ? Untuk memuaskan rasa penasaran kita, mungkin film tentang time-travel bisa jadi solusi. Selain misteri dan segala konflik yang menarik, film time-travel juga memiliki efek visual yang menakjubkan. Berikut ini saya punya daftar film tentang time-travel yang keren dan menarik untuk ditonton.




1. About Time (2013)



Daftar Film Tentang Penjelajah Waktu
Bercerita tentang seorang anak muda berusia 21 tahun yang bernama Tim. Ia terkejut saat diberitahu ayahnya bahwa dirinya punya kemampuan untuk menjelajahi waktu ke masa lalu dan ke masa depan. Bukan kekuatan untuk mengubah nasib dunia dan mencegah peperangan, Tim setidaknya bisa mengubah segala sesuatu yang ada dalam hidupnya menjadi lebih baik. Setelah mengetahui hal itu, Tim tidak menggunakannya untuk mencari kekayaan atau meraih suatu prestasi. Tim malah memutuskan untuk menggunakan kekuatannya demi mencari cinta. Ada adegan dewasa.




2. The Butterfly Effect (2004)



Film Tentang Masa Depan Terbaru
Evan Treborn adalah seorang pemuda yang punya masalah aneh dalam hidupnya. Sejak kecil ia sering kehilangan kesadaran dan ingatan di waktu-waktu tertentu dalam hidupnya. Evan tak pernah tahu tentang apa yang terjadi saat ia kehilangan kesadaran, oleh sebab itu Evan selalu menulis segala aktivitasnya dalam sebuah catatan. Saat ia sudah bertumbuh dewasa, Evan duduk dibangku kuliah dan sejak saat itu ia tak pernah mengalami hilang ingatan lagi.

Di suatu siang, Evan mencoba untuk melihat catatan masa kecil-nya dimana ia sering mengalami hilang ingatan. Evan mulai mengingat suatu kejadian di masa lalunya dan secara misterius ia bisa kembali ke masa lalu saat ia masih kecil. Dari situ Evan menyadari bahwa dirinya bisa kembali ke masa lalu dengan membaca dan mengingat catatan masa kecilnya. Ada adegan dewasa.




3. The Looper (2012)



Film Jepang Tentang Perjalanan Waktu
Di masa depan, dunia berubah sangat drastis dimana mesin waktu sudah jadi hal yang biasa. Badan penegak hukum yang baru dibentuk untuk mengatasi hal itu. Di sana terdapat sekelompok agen khusus yang bertugas untuk mengeksekusi berbagai orang misterius yang dikirim dari masa depan. Para agen itu disebut dengan Looper. Tidak diketahui siapa nama orang dari masa depan yang harus dieksekusi dan kenapa mereka dieksekusi. Tapi yang jelas, Looper tidak boleh melepaskan targetnya.

Suatu ketika, ada seorang Looper bernama Joe yang tak sengaja telah melepaskan target eksekusi-nya. Sejak saat itu ia jadi buronan dan harus mencari tahu kebenaran dibalik semua itu.




4. Edge of Tomorrow (2014)



Film Tentang Masa Depan Bumi
Di masa depan, Bumi telah dikuasai oleh alien dan manusia hampir punah. Diciptakanlah sebuah senjata khusus yang dapat digunakan untuk membasmi dan memburu para alien.

Suatu ketika, ada seorang prajurit bernama Cage yang terpaksa harus terjun ke peperangan padahal ia tak punya kemampuan sama sekali. Alhasil, dirinya meninggal dalam hitungan menit. Anehnya, setelah ia meninggal, Cage malah terbangun kembali tepat sebelum perang itu dimulai. Dari situ Cage mulai mengulang waktu di hari yang sama setiap kali ia meninggal. Dengan kemapuannya yang misterius itu, Cage harus mencari cara untuk memenangkan peperangan dan keluar dari putaran waktu itu.




5. Predestination (2014)



Film Tentang Masa Depan 2046
Di masa depan, ada sebuah badan penegak hukum yang memanfaatkan mesin waktu untuk mencegah kejahatan sebelum terjadi. Ada agen khusus yang ditugaskan untuk menjelajahi waktu demi menangkap para penjahat itu. Suatu ketika, ada seorang penjahat yang dapat memanipulasi waktu sama seperti para agen khusus, sehingga dirinya menjadi musuh bebuyutan seorang agen.

Di suatu malam, agen itu memutuskan untuk datang ke sebuah bar dan berbincang dengan seorang pria misterius. Pria itu mengaku bahwa dulu dirinya pernah jadi seorang wanita. Bagaimana kisah seorang wanita bisa jadi seorang pria secara utuh ? Kisah pria misterius ini yang akan jadi kunci untuk sang agen dalam memecahkan kasusnya.




6. The Time Traveler's Wife (2009)



Film Korea Kembali ke Masa Lalu
Henry adalah seorang penjelajah waktu. Uniknya, dirinya tak bisa menjelajah waktu sesuka hatinya. Henry ini sering menghilang dan berpindah ke suatu tempat di masa lalu atau masa depan secara tak disengaja. Oleh karena itu Henry sangat sulit dalam menjalani segala aktivitas di kehidupannya. Suatu ketika, Henry bertemu dengan seorang wanita misterius bernama Clare yang mengaku telah lama mengenal Henry. Henry jadi bingung dan mulai penasaran dengan sosok Clare. Seiring berjalannya waktu mereka jadi saling jatuh cinta dan berusaha untuk menghadapi kelainan yang dimiliki Henry. Ada adegan dewasa.




7. Project Almanac (2015)



Film Tentang Mesin Waktu
Sekelompok remaja telah menemukan sebuah rancangan atau panduan untuk membangun mesin waktu. Mereka mulai mencoba untuk membangun mesin waktu tersebut dari berbagai benda yang tak terduga dan akhirnya berhasil. Sejak saat itu, David dan teman-temannya bertekad untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. Mereka pun mulai bersenang-senang dengan melakukan berbagai macam hal menyenangkan yang menjadi mimpi para remaja pada umumnya. Namun saat salah satu dari mereka melanggar sebuah aturan, semuanya jadi berantakan.




8. Twelve Monkeys (1995)



Film Tentang Waktu yang Berulang
Di masa depan, umat manusia hampir punah karena suatu virus yang telah membasmi sebagian besar umat manusia. Seorang agen bernama James Cole dikirim ke masa lalu untuk mencari tahu solusi dan cara untuk mencegah semua ini. Namun saat James kembali ke masa lalu dan memberitahu semua orang tentang bencana yang akan datang, ia dianggap gila dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa. James mulai bertanya kepada dirinya sendiri apakah ia memang dikirim ke masa lalu, atau James hanya berhalusinasi saja ?




9. Groundhog Day (1993)



Film Tentang Perjalanan Waktu
Phill Connors adalah seorang reporter pembawa acara cuaca. Ia adalah orang yang sangat menyebalkan karena Phill itu seorang yang sombong, cuek, dan selalu menyakiti hati orang lain.

Suatu ketika Phill pergi ke Punxsutawney untuk menyaksikan acara Groundhog Day (Festival Tupai). Dari awal Phill sudah ragu dan malas untuk pergi. Mungkin karena Phill menganggap bahwa acara ini tidaklah penting dan aneh. Benar saja, saat terjadi sebuah kendala, Phill langsung mengejek dan ingin pulang. Namun saat terdapat badai salju, Phill jadi tak bisa pulang dan harus menginap disana. Sejak saat itu terjadi berbagai kejadian aneh yang dialami Phill.

Segala peristiwa yang terjadi di hari kemarin kembali terulang di keesokan harinya. Phill harus mencari tahu apa yang sedang terjadi pada dirinya. Awalnya Phill merasa kesal dan bosan, namun akhirnya Phill memutuskan untuk memanfaatkan waktu yang ada dari setiap peristiwa yang terjadi berulang-ulang.




10. Back to the Future (1985)



Film Bertemakan Lorong Waktu
Marty McFly adalah seorang anak muda biasa yang berteman dengan seorang ilmuwan gila bernama Dr. Emmett Brown. Suatu hari, Dr. Brown berhasil menciptakan sebuah mesin waktu yang berbentuk seperti mobil. Karena sebuah kecelakaan, Marty secara tak sengaja terkirim ke masa lalu, ke 13 tahun yang lalu. Disana ia jadi kebingungan dan harus mencari cara untuk pulang kembali.

Marty bertemu dengan kakek dan neneknya, dan Marty bisa melihat ayahnya yang masih muda. Ternyata dulu ayah Marty selalu dibully dan jadi anak yang culun sekali. Marty pun berniat untuk membantu ayahnya supaya ayah Marty dapat memiliki masa depan yang lebih baik. Marty segera menyadari bahwa kejadian ini bisa dijadikan kesempatan untuk memperbaiki hidup ayahnya dan hidupnya sendiri.




11. The Jacket (2005)



Film Tentang Lorong Lubang Waktu
Jack Starks adalah seorang veteran perang yang mengalami kecelakaan parah. Ia mendapat luka parah di kepalanya yang bisa menyebabkan orang mati seketika, namun secara ajaib Jack dapat selamat. Akan tetapi luka yang parah itu menyebabkan Jack menderita amnesia.

Suatu ketika, Jack dikirim ke rumah sakit jiwa dimana ia dijadikan tikus percobaan oleh Dokter di rumah sakit tersebut. Jack diberi jacket khusus orang gila dan dimasukkan ke dalam sebuah laci sempit mirip seperti tempat pembakaran mayat. Ia diberi suntikan dan obat-obatan aneh yang tak diketahui apa fungsinya. Dari situ serangkaian kejadian aneh mulai terjadi. Saat Jack sedang berada di dalam laci tersebut, Jack bisa melihat masa depan yang akan terjadi pada dirinya dan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Jack mulai memanfaatkan kejadian itu untuk memperbaiki masa depan orang lain. Lalu bagaimana dengan nasib Jack sendiri ?




12. Timecop (1994)



Film Tentang Perjalanan Waktu
Di masa depan, mesin waktu dan perjalanan menjelajahi waktu menjadi hal yang biasa. Badan penegak hukum yang baru dibentuk untuk menghadapi dunia yang seperti itu. Di tengah kondisi dunia yang seperti itu, hiduplah seorang polisi bernama Max Walker. Istrinya Max dibunuh secara sadis oleh beberapa orang tak dikenal. Oleh karena itu Max berusaha keras untuk jadi polisi yang handal dan berniat menangkap pembunuh istrinya. Max harus berhadapan seorang politisi kaya yang berniat untuk mengubah masa lalu supaya bisa mengendalikan masa depan. Ada adegan dewasa.




13. Midnight in Paris (2011)



Film Tentang Menembus Waktu
Gil adalah seorang penulis yang sedang berlibur bersama dengan keluarga tunangannya yang bernama Inez. Tak sengaja Gil dan Inez bertemu dengan teman lama Inez dan jalan-jalan bersama mereka. Sementara Inez sibuk dengan teman lamanya, Gil lebih memilih untuk menikmati kota Paris yang selalu ia idolakan. Apalagi saat hujan, Gil paling suka kalau berjalan-jalan di kota Paris saat hujan.

Di suatu malam saat Gil sedang berjalan di kota Paris, ia tersesat. Ia menemui sebuah mobil dan diajak masuk ke dalam. Tak disangka, Gil malah menuju ke tahun 1920, seperti kembali ke masa lalu. Disana Gil bertemu dengan berbagai penulis legendaris yang ia idolakan. Seiring berjalannya waktu, Gil semakin masuk ke dalam keindahan kota Paris dan bertemu dengan dua wanita cantik. Tapi itu akan semakin menjauhkan dirinya dari tunangannya.




14. Source Code (2011)



Film Tentang Melintasi Waktu
Setelah menjalani sebuah misi militer, Captain Colter terkejut saat terbangun dengan memakai tubuh orang lain. Ia terbangun di sebuah kereta yang terdapat bom di dalamnya. Ternyata Colter sedang berada dalam sebuah percobaan eksperimen dimana pikiran Colter dapat berpindah ke tubuh orang lain untuk tujuan tertentu. Ia jadi sangat bingung dan tak tahu tentang apa yang sedang terjadi. Namun, Colter punya misi yang lebih penting yaitu menemukan bom yang ada di kereta dan menangkap sang pelaku pengeboman dalam waktu 8 menit. Hanya dengan cara itu Colter bisa bebas dari putaran waktu itu dan mengetahui kebenaran dibalik semua ini.




15. Terminator 2 (1991)



Film Tentang Kapsul Waktu
Sepuluh tahun setelah kejadian di film pertama, John Connor anak dari Sarah Connor telah tumbuh besar menjadi anak muda yang sehat. Namun sayang, Sarah Connor sang ibu malah dimasukkan ke rumah sakit jiwa karena dianggap gila. Di tempat lain, Terminator baru bernama T-1000 telah dikirim dan lebih canggih dari yang sebelumnya. Namun, Terminator lain telah dikirim juga untuk melindungi John Connor dari T-1000. John Connor harus berusaha untuk bertahan hidup dari serangan T-1000 dan membebaskan ibunya Sarah Connor dari rumah sakit jiwa.




16. Hot Tub Time Machine (2010)



Film Hollywood Tentang Perjalanan Waktu
Sekelompok sahabat merasa kebingungan saat mereka secara tiba-tiba bisa kembali ke masa lalu setelah mandi di sebuah bak mandi yang misterius. Entah bagaimana, Adam dan teman-temannya bisa kembali ke tahun 1986 dimana mereka masih remaja. Adam dan teman-temannya harus mencari cara untuk kembali ke masa depan dan membuat semuanya jadi normal kembali. Mungkin jika mereka melakukan segala sesuatu sama persis seperti dulu, Adam dan teman-temannya bisa kembali.

Malam itu sedang ada pesta dan layaknya anak muda lainnya, mereka juga melakukan berbagai kenakalan di masa lalu. Adam dan teman-temannya menahan berbagai macam godaan untuk tidak mengubah takdir yang sudah ada. Banyak adegan dewasa.




17. Deja Vu (2006)



Film Tentang Dimensi Ruang dan Waktu
Setelah sebuah kapal feri diledakkan oleh bom, seorang agen bernama Doug bertugas untuk menyelidiki kasus yang misterius itu. Ia menggunakan sebuah teknologi pengawasan canggih yang dapat melihat ke dalam masa lalu. Saat Doug berusaha untuk mencari pelaku pengeboman, ia penasaran apakah teknologi tersebut dapat digunakan untuk kembali ke masa lalu atau tidak. Akhirnya Doug memutuskan untuk mencobanya dan ternyata bisa. Sekarang Doug harus mencari cara untuk mencegah pengeboman dan menyelamatkan seorang gadis lokal.




18. X-Men: Days of Future Past (2014)



Film Korea Tentang Melintasi Waktu
Di masa depan, ada sebuah robot yang sangat kuat bernama Sentinel. Robot itu dapat beradaptasi dalam kondisi apapun dan menangkis serangan dari semua mutan. Oleh sebab itu, para mutan hampir punah dan para manusia yang membantu mutan juga ikut dibasmi. Sentinel diciptakan oleh Dr. Bolivar Trask yang menggunakan DNA Mystique pada tahun 1973. Satu-satunya cara untuk mencegah kehancuran mutan adalah dengan kembali ke masa lalu tepatnya di tahun 1973 untuk mencegah Program Sentinel.

Beruntung, X-Men mempunyai mutan yang punya kemampuan tersebut. Tapi hanya satu orang saja yang bisa kembali ke masa lalu, yaitu Wolverine. Mampukah Wolverine meyakinkan Professor Xavier dan Magneto yang ada di masa lalu untuk menyelamatkan seluruh umat mutan ?




19. Interstellar (2014)



Film Jepang Tentang Waktu yang Diulang
Di masa depan, Bumi telah menjadi terlalu gersang dan asam untuk ditinggali. Sekelompok astronaut berangkat menyusuri galaksi, menuju tempat yang belum pernah dijamah oleh manusia sebelumnya untuk menemukan planet baru yang bisa ditinggali atau menemukan solusi lain sebelum manusia punah. Perbedaan waktu antara Bumi dan luar angkasa menjadi faktor utama pencarian ini dilakukan sejak dini. Bersiaplah menuju perjalanan ke luar angkasa, menyusuri wormhole dan melewati black hole, meninggalkan tata surya kita dan menuju sistem galaksi yang lain.




20. Bill & Ted's Excellent Adventure (1989)



Film Tentang Waktu Terbaru dan Terbaik
Di masa depan, tepatnya di tahun 2688 semuanya sangatlah hebat. Udaranya bersih, airnya bersih, bahkan kotoranpun bersih. Tapi masa depan seperti ini sangat bergantung kepada dua anak muda bernama Bill dan Ted. Masalahnya adalah, ditahun 1988 Bill dan Ted ini adalah anak yang nakal dan sedang menghadapi masalah dengan pelajaran di sekolah. Mereka harus segera menyelesaikan tugas sejarah mereka supaya lulus. Akhirnya orang-orang di masa depan memutuskan untuk mengirim mesin waktu demi membantu Bill dan Ted menyelesaikan tugas sekolah mereka.




Baca juga rekomendasi film berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment