Friday, January 19, 2018

15 Film Keren Tentang Sulap

Do you believe in Magic ? Kata-kata tersebut adalah sebuah ungkapan yang biasa diucapkan oleh para pesulap kepada para penonton. Ketika kita menonton sebuah aksi sulap, terkadang kita dibuat bingung dengan berbagai hal menakjubkan yang terjadi di atas panggung. Mungkin kita pernah terbayang dan bertanya-tanya, apakah semua aksi sulap itu benar-benar nyata dan menggunakan suatu kekuatan supranatural seperti sihir ? Atau semua itu hanyalah trik dan tipuan belaka untuk mengelabuhi para penonton ?

Sebagian dari kita pasti akan langsung berkata bahwa semua itu hanyalah trik belaka dan bisa dipelajari. Namun apa jadinya jika ada sekelompok pesulap yang dapat melakukan sebuah perampokan bank dari atas panggung ? Jika memang sulap itu adalah murni sebuah tipuan dan aksi yang bisa dijelaskan dengan nalar, lalu bagaimana cara mereka melakukannya ? Mungkin kumpulan film ini bisa menjawabnya. Berikut ini daftar film sulap terbaik dari saya.




1. The Prestige (2006)



Pada akhir abad kesembilan belas, di London, Robert Angier (Hugh Jackman), Julia McCullough (Piper Perabo) dan Alfred Borden (Christian Bale) adalah teman baik dan menjadi rekan kerja sebagai para pemain sulap. Julia adalah istri tercinta dari Robert.

Suatu ketika Julia meninggal akibat sebuah kecelakaan saat menampilkan sebuah pertunjukkan sulap. Robert menyalahkan Alfred atas kematian istrinya dan mereka menjadi musuh. Keduanya menjadi pesulap terkenal dan saingan hebat, mereka saling menyabotase aksi dan perfoma satu dengan yang lain di atas panggung. Ketika Alfred menemukan sebuah trik sulap yang sangat hebat dan sukses, Robert menjadi terobsesi untuk mencoba mengungkapkan dan meniru rahasia pesaingnya. Namun Robert takkan pernah bisa menandingi dan menyamai kemampuan Alfred. Kecuali jika ia mau mempertaruhkan segalanya dengan konsekuensi tragis.





2. Now You See Me (2013)



Empat pesulap terhebat dikumpulkan dari berbagai tempat untuk membentuk sebuah tim sulap besar yang bernama The Four Horsemen. Satu tahun kemudian, mereka muncul di panggung Las Vegas dan menghebohkan seluruh dunia dengan aksi mereka yang berhasil merampok bank dari atas panggung, dan membagikan seluruh uangnya ke para penonton dari atas panggung. Ini membuat agen FBI bernama Dylan Rhodes dan agen Interpol bernama Alma Dray harus bekerja sama untuk mengungkap bagaimana cara mereka melakukan perampokan itu.

Namun, misteri ini sangat susah untuk diselesaikan bahkan dengan bantuan seorang pembongkar rahasia sulap handal bernama Thaddeus Bradley. Dimulailah penyelidikan dan petualangan mereka yang diwarnai dengan berbagai ilusi, misi kejar-kejaran, dan aksi sulap memukau untuk sebuah tujuan. Apa tujuan itu ?





3. Now You See Me 2 (2016)



Satu tahun setelah mengecoh FBI dengan aksi vigilante ala Robin Hood milik mereka, The Four Horsemen kembali muncul untuk menampilkan aksi brilian mereka di atas panggung, dengan harapan bisa mengungkapkan berbagai praktik kejahatan dari seorang tokoh teknologi. Pria incaran mereka adalah Walter Mabry, seorang jenius pencipta berbagai teknologi canggih.

Sebuah aksi memukau milik The Four Horsemen yang nampak sempurna dan bagus, ternyata malah gagal dan mereka semua dipermalukan di depan umum. Kini keempat pesulap handal itu diancam oleh Walter, untuk melakukan sebuah aksi sulap paling mustahil dan belum pernah ada sebelumnya. Ini adalah kesempatan dan harapan terakhir bagi The Four Horsemen, untuk membersihkan nama mereka dan mengungkapkan dalang di balik semuanya.





4. The Illusionist (2006)



Saat ia masih kecil Eisenheim (Edward Norton), bertemu dengan seorang pesulap yang menunjukkan sebuah trik sulap mengagumkan. Dari situ Eisenheim jadi sangat tertarik dan mulai belajar sulap. Ia jadi sangat pintar memainkan sulap dan itu menarik perhatian seorang gadis bernama Sophie. Seiring berjalannya waktu Eisenheim dan Sophie jadi jatuh cinta, namun status sosial mereka menciptakan jarak antara mereka. Sophie berasal dari keluarga kerajaan sedangkan Eisenheim hanya rakyat biasa.

Saat Eisenheim telah bertumbuh jadi pria dewasa, ia telah menjadi pesulap handal dan berhasil memainkan berbagai aksi sulap yang memukau. Suatu ketika tak disengaja, Eisenheim bertemu dengan teman masa kecilnya sekaligus gadis yang ia cintai yaitu Sophie. Eisenheim memutuskan untuk menggunakan trik sulap miliknya demi mengelabuhi keluarga kerajaan, kabur bersama wanita yang ia cintai, dan hidup bersama Sophie selama-lamanya.





5. The Incredible Burt Wonderstone (2013)



Burt Wonderstone (Steve Carell) adalah seorang pesulap terkenal yang selalu bermain sulap bersama dengan rekan sekaligus sahabatnya yang bernama Anton Marvelton. Karir sulap mereka mengalami masalah saat seorang pesulap jalanan bernama Steve Gray (Jim Carrey) mencuri penonton mereka. Steve Gray adalah seorang pesulap yang keras, ia suka bermain sulap yang sadis yaitu menyiksa dirinya sendiri. Karena aksinya yang bikin merinding, banyak orang yang suka dengan Steve Gray.

Burt dan Anton memutuskan untuk meniru aksi Steve, tapi mereka malah gagal dan persahabatan Burt dan Anton jadi bermasalah. Karir mereka hancur, Burt dan Anton akhirnya berpisah dan kini Burt harus menjadi penghibur di panti jompo. Tak disangka, disana Burt bertemu dengan seorang pesulap legendaris yang telah lama pensiun. Dari situ Burt mulai belajar arti dari sulap yang sebenarnya.





6. Red Light (2012)



Kau hanya ingin melihat apa yang ingin kau percayai. Film ini bercerita tentang seorang psikolog skeptis bernama Dr. Margaret Matheson dan asistennya yang bernama Tom Buckley yang merupakan seorang fisikawan. Mereka suka sekali mempelajari aktivitas dan berbagai fenomena paranormal yang tidak benar atau penipuan. Suatu ketika, ada seorang pesulap terkenal bernama Simon Silver yang muncul kembali setelah pensiun selama bertahun-tahun.

Anehnya, Silver muncul setelah kritikus terbesarnya meninggal secara misterius. Tom menjadi sangat terobsesi untuk mengungkap dan menentukan, apakah Silver benar-benar melakukan sihir, atau sekedar penipuan ?





7. The Great Buck Howard (2008)



Seorang pemuda bernama Troy Gable merasa sangat kecewa dengan ayahnya. Ketika dia drop out dari sekolah hukum, Gable melihat sebuah iklan dan memutuskan untuk menjadi seorang asisten pribadi untuk seorang pesulap bernama Buck Howard. Gable secara tidak sengaja menandatangani sebuah kontrak yang menyatakan bahwa dirinya setuju untuk menjadi pendamping seorang pesulap bermasalah yang sedang berjuang untuk menghidupkan kembali karirnya. Semua ini akan membawa Gable menuju perjalanan ke seluruh penjuru negeri untuk menggelar aksi comeback paling menakjubkan.





8. Death Defying Acts (2007)



Harry Houdini adalah seorang pesulap terkenal dan termasuk salah satu pesulap legendaris di dunia. Ia adalah seorang Escapologist, pesulap yang suka mempertontonkan pertunjukkan melarikan diri dari berbagai bahaya. Suatu ketika, Harry bertemu dengan seorang pesulap wanita yang bernama Mary McGarvie. Ia merupakan pesulap Psikis dari Skotlandia. Mereka mulai menjalin hubungan dekat, dan dalam waktu singkat mereka saling jatuh cinta. Harry mulai berselingkuh dengan wanita ini namun, suatu tragedi telah menanti dirinya.





9. Sleight (2016)



Seorang pesulap muda bernama Bo (Jacob Latimore) hidup sebatang kara bersama adik perempuannya. Ia harus merawat adik perempuannya setelah orangtua mereka pergi meninggalkan mereka. Bo harus melakukan berbagai kegiatan ilegal untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Suatu ketika Bo telah masuk terlalu dalam menuju pergaulan dan kejahatan yang menyebabkan saudarinya yang masih kecil diculik. Kini, dia harus menggunakan berbagai aksi sulap-nya dan otaknya yang jenius untuk menyelamatkan adiknya yang masih kecil.





10. Leap of Faith (1992)



Jonas adalah seorang terapis palsu, dia menggunakan berbagai trik sulap yang ada di dalam buku untuk mengumpulkan orang-orang supaya bisa menghadiri acaranya. Jonas dan rekan-rekan yang lain, asisten, pembantu dan seluruh tim sulapnya, termasuk Jane berkeliling ke seluruh negara untuk datang ke kota-kota besar supaya bisa menampilkan pertunjukan mereka. Namun ketika salah satu truk mogok di sebuah kota kecil, Jonas memutuskan untuk mencari uang di kota ini. Ia punya tujuan yaitu untuk merayu seorang wanita bernama Marva, yang merupakan seorang pelayan di kota tersebut.

Namun, perjuangan cinta Jonas sangatlah sulit karena Marva sangat sulit untuk dirayu. Sementara itu, ada seorang sheriff lokal yang tak suka dengan Jonas. Ia bertekad untuk membongkar rahasia dan penipuan yang dilakukan Jonas.





11. Houdini (1998 TV Movie)



Sebenarnya sudah banyak sekali film yang mengisahkan tentang pesulap yang satu ini. Yang terbaru adalah tahun 2016 ketika daftar film ini dibuat. Juga ada yang tayang tahun 2014 yang merupakan TV Series dengan dua episode saja.

Film biografi yang satu ini bercerita tentang salah satu pesulap paling terkenal dan terbaik sepanjang sejarah yang bernama Harry Houdini, dari kelahiran dan perjalanannya ke A.S., tentang karirnya di bisnis pertunjukan sulap sebagai escape artist pertama dan kemudian menjadi debunker sewaan, dan tentang kematian tragis-nya yang mengakhiri karirnya. Disini juga akan diceritakan hubungannya dengan istrinya yang bernama Bess. Saksikanlah perjalanan Houdini dibalik kesuksesan-nya diiringi dengan berbagai keajaiban saat ia mengejar ketenaran.





12. The Great Magician (2011)



Setelah setelah terjadi Revolusi yang menggulingkan Dinasti Qing di China, republik dirikan, China dipecah menjadi wilayah kekuasaan yang dikuasai oleh para panglima perang, yang sibuk berkelahi satu sama lain. Ada panglima perang yang telah memenjarakan seorang gadis dan menginginkannya menjadi istri ketujuh, tapi panglima itu adalah orang yang terhormat sehingga tidak bisa memaksa sang gadis. Kaum revolusioner lokal ingin membunuh panglima perang tersebut dan mengembalikan republik, sedangkan ada seorang pengusaha Jepang yang berniat untuk untuk mengambil alih semuanya dengan bantuan geng setempat.

Di tengah kekacauan tersebut, ada seorang letnan bernama Chang Hsien yang ingin menggunakan berbagai trik sulap hebat untuk menyelamatkan gadis yang dia cintai. Siapakah yang akan menang ?





13. Magic in the Moonlight (2014)



Stanley adalah seorang pesulap handal yang telah mendedikasikan hidupnya untuk mengungkap para spiritualis palsu. Dia berencana untuk segera mengungkap kebenaran di balik penganut spiritualis wanita bernama Sophie dan ibunya yang licik. Namun, semakin banyak waktu yang Stanley habiskan bersama Sophie, pemikirannya mulai berubah. Stanley mulai berpikir bahwa mungkin Sophie benar-benar bisa berkomunikasi dengan dunia lain, tapi yang lebih parahnya lagi, Stanley mungkin telah jatuh cinta kepada Sophie.





14. The Mentalist (TV Series: 2008– )



Setelah seorang pembunuh berantai bernama Red John membunuh istri dan anak dari Patrick Jane, Jane mengabdikan hidupnya untuk memburu dan membunuh Red John. Untuk itu, dia harus berpura-pura menjadi seorang psikis dan bergabung dengan Biro Investigasi California (CBI) sebagai konsultan untuk tim yang bertanggung jawab atas penyelidikian kasus Red John, yang dipimpin oleh Agen Senior Teresa Lisbon. Dengan menggunakan kemampuan Jane yang luar biasa, ia mampu melakukan observasi dengan berbagai trik sulapnya yang hebat.

Jane juga mampu mengatasi berbagai kasus yang sulit dan belum pernah ada sebelumnya. Namun metode Jane itu tidak konvensional dan seringkali membawa banyak kecemasan bagi Kepala Agen Lisbon. Itu membuat bantuan Jane menjadi berkah sekaligus kutukan.




15. Oz the Great and Powerful (2013)



Film "Oz The Great and Powerful" berkisah tentang seorang pesulap sirkus bernama Oscar Diggs (James Franco) yang secara tak sengaja terdampar di sebuah dunia yang penuh keajaiban bernama Oz. Di dunia barunya tersebut, Oscar mengaku sebagai seorang penyihir hebat dan merasa sudah meraih kesuksesan dan keberuntungan. Namun sialnya, kabar tentang hadirnya Oscar di Oz terdengar oleh tiga penyihir wanita bernama Theodora (Mila Kunis), Evanora (Rachel Weisz), dan Glinda (Michelle Williams), dan ketiga penyihir tersebut tidak percaya kalau Oscar adalah seorang penyihir hebat.

Larut dalam masalah yang terjadi di Oz dan penduduknya, Oscar harus tahu mana kawan dan lawan. Menggunakan ilmu ilusi dan kecerdikannya, Oscar mengubah dirinya menjadi "Wizard of Oz" yang besar dan kuat, dan juga menjadi pria yang lebih baik. Disaat yang sama, dunia Oz mengalami bencana. Mampukah Oscar mengatasi semua kekacauan di Oz dengan "sihir" dan kecerdikannya?




Baca juga rekomendasi film berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment