Friday, January 26, 2018

15 Film Tentang Pertarungan Robot Canggih

Perkembangan dunia teknologi saat ini sudah semakin pesat, manusia semakin gigih dalam belajar untuk menciptakan segala sesuatu demi mempermudah pekerjaan manusia, termasuk juga menciptakan sebuah robot. Bukan tidak mungkin, suatu saat nanti di masa depan, akan ada banyak orang yang bisa menciptakan robot-robot dengan berbagai bentuk yang bisa dimamfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar lebih efisien. Pasti ada banyak orang yang sudah tak sabar dan sangat tertarik untuk menantikannya.

Nah, berbicara tentang perkembangan dan kecanggihan teknologi robot, sudah ada banyak orang yang mengangkatnya ke dalam banyak film. Biasanya film tentang robot selalu identik dengan kecerdasan buatan dan pertarungan robot. Ada juga film tentang robot raksasa dan serangan robot alien yang hebat. Berikut ini daftar filmnya.




1. I, Robot (2004)



Di tahun 2035, terciptalah para robot dengan kecerdasan buatan yang bisa membantu berbagai kegiatan manusia. Di tengah kondisi dunia yang seperti itu, hiduplah seorang detektif handal bernama Del Spooner yang merupakan pemimpin di Departemen Polisi di Chicago. Berbekal masa lalu yang kelam, Spooner tidak terlalu suka dengan kumpulan robot canggih yang ada di zaman ini.

Suatu ketika, terjadi kasus bunuh diri seorang ilmuwan robot terkenal bernama Dr. Alfred Lanning dari perusahaan USR (United States Robotics). Detektif Spooner ditugaskan untuk menyelidiki kasus ini, apakah kasus ini benar-benar bunuh diri atau tidak. Seiring berjalannya penyelidikan, Spooner mulai curiga kalau ternyata kasus ini adalah sebuah kasus pembunuhan. Penemuan ini akan membawa Spooner untuk mengungkap sebuah rahasia besar yang akan mengancam seluruh umat manusia.




2. Transformers Series



Siapa yang tak tahu dengan film Transformers ? Film yang bercerita tentang pertarungan robot raksasa ini, mengambil tema tentang invasi alien atau alien yang berkunjung ke planet Bumi. Ada dua ras Alien yang datang ke Bumi, yaitu Decepticons dan Transformers yang datang dari sebuah planet bernama Cybertron. Decepticons menginginkan kekuasaan sedangkan Transformers menginginkan perdamaian. Awalnya kedua kubu ini datang ke Bumi untuk memperebutkan sebuah kubus ajaib bernama Allspark yang menyimpan kekuatan dan teknologi Alien yang dahsyat.

Tapi kemudian pertarungan mereka berlanjut ke acara balas dendam dan peperangan yang akan mengungkap sejarah antara umat manusia dan Transformers di Bumi.




3. Terminator Series



Film yang bertema robot canggih ini, bercerita tentang para robot yang diciptakan untuk melindungi umat manusia dari segala ancaman yang mungkin akan menganggu Bumi. Tapi robot yang memiliki kecerdasan buatan ini malah menganggap bahwa satu-satunya yang menjadi ancaman terbesar manusia adalah adalah manusia itu sendiri, dan umat manusia akan menghancurkan dirinya sendiri. Sehingga para robot Terminator ini berusaha untuk membinasakan seluruh umat manusia. Peperangan antara manusia dan para robot ini tak bisa dihindarkan. Umat manusia dipimpin oleh seorang prajurit gagah berani bernama John Connor.

Peperangan yang berlansung selama bertahun-tahun, nampaknya takkan pernah selesai. Sehingga pihak Terminator memutuskan untuk mengirim robot canggih ke masa lalu menggunakan mesin waktu untuk membunuh John Connor supaya tidak jadi memimpin umat manusia. Sedangkan manusia, juga mengirim robot canggih yang akan melindungi John Connor dan takdir yang ada supaya mereka bisa memenangkan peperangan ini.




4. Avengers Series



Siapa yang tak kenal dengan film seri ini ? Berbagai superhero dari Marvel Universe digabungkan menjadi satu untuk menghadapi berbagai ancaman baik dari dalam maupun luar Bumi. Berbagai ancaman yang terlalu berat dan tak bisa diselesaikan oleh satu superhero saja. Salah satu film seri dari dunia Marvel ini juga punya unsur robot-robotan seperti Iron Man, Ultron, Vision, dan masih banyak lagi. Apalagi dengan film Avengers: Infinity War terbaru yang akan datang, pasti akan ada banyak sekali musuh dan sekutu yang memiliki berbagai teknologi canggih seperti robot, kecerdasan buatan, pesawat luar angkasa, dan masih banyak lagi.




5. Iron Man Series



Tony Stark adalah seorang milioner sekaligus insinyur jenius yang mempunyai perusahaan senjata. Ia tak pernah menyangka kalau dirinya akan ditangkap oleh sekelompok teroris dengan menggunakan senjatanya sendiri. Tony tak menyerah, ia malah membuat sebuah baju super dari dalam goa teroris dan berhasil kabur. Berbeda dengan superhero pada umumnya, Tony tidak punya kekuatan super sama sekali. Ia hanya memiliki kepintaran dan kejeniusan yang membuatnya bisa menciptakan kekuatan supernya sendiri.

Sejak saat itu Tony memilih untuk fokus membangun kostum supernya yang terbuat dari baja dan teknologi super canggih demi menumpas berbagai kejahatan dan menjadi salah satu superhero paling kuat di semesta Marvel.




6. Pacific Rim Series



Ketika berbagai monster raksasa bernama Kaiju muncul dari dasar laut, umat manusia menjadi gempar. Jutaan nyawa melayang untuk menghadapi peperangan yang tak bisa dimenangkan. Untuk melawan para monster itu, diciptakanlah Jaeger, berbagai robot raksasa yang dikendalikan menggunakan pikiran. Jaeger berhasil menghadapi berbagai serangan Kaiju, namun karena Kaiju terus bermunculan, umat manusia jadi kuwalahan karena untuk menciptakan satu robot Jaeger saja, itu dibutuhkan waktu yang lama dan sumber daya yang sangat besar.

Di ambang kekalahan, seluruh dunia bersatu untuk mencari solusi. Seorang mantan pilot dan seorang pemula harus berangkat menuju dasar laut untuk menghentikan peperangan ini selama-lamanya.




7. Matrix Series



Bercerita tentang dunia yang telah hancur di masa depan dimana umat manusia terjebak dalam dunia buatan bernama Matrix. Dunia buatan tersebut tampak asli seperti dunia nyata, tapi sebenarnya itu hanya ada dalam pikiran kita. Sedangkan tubuh asli kita sedang berada di dunia nyata dan tak bergerak sama sekali. Jadi banyak manusia yang seperti tertidur atau bermimpi dalam sebuah mesin raksasa yang mengontrol seluruh dunia. Di dunia nyata, terdapat kumpulan manusia yang terbangun dari Matrix dan berusaha untuk melakukan revolusi.

Thomas A. Anderson adalah seorang hacker yang dikenal sebagai Neo. Neo selalu bingung dan merasa ada yang salah dengan dunia. Neo ini sebenarnya adalah seorang manusia terpilih yang punya kekuatan khusus untuk mengendalikan Matrix dan dunia nyata. Neo jadi buronan setelah berhubungan dengan Morpheus, seorang pemberontak dan dinyatakan sebagai teroris oleh pemerintah. Neo terbangun ke dalam dunia sebenarnya yang telah hancur dan umat manusia dipenjara oleh ras robot canggih ke dalam sebuah realitas buatan yang dikenal sebagai Matrix. Neo harus kembali ke dalam Matrix untuk mengalahkan program komputer super canggih yang berniat ingin memusnahkan seluruh umat manusia.



8. RoboCop (2014)



Di tahun 2028, dunia menjadi sangat canggih dan dipenuhi dengan para robot pembasmi kejahatan yang kuat, tak pernah istirahat, dan tak mungkin berbuat curang. Para robot itu diproduksi oleh sebuah perusahaan konglomerat bernama OmniCorp yang teknologinya sudah digunakan oleh pihak militer selama bertahun-tahun. Suatu ketika, ada seorang polisi bernama Alex Murphy yang mengalami malapetaka, itu mengakibatkan seluruh tubuhnya hancur dan harus dioperasi.

Ajaibnya, Alex masih bisa hidup dengan menggunakan tubuh robot dan sekarang ia bisa menjadi seorang polisi handal seperti robot, tapi masih punya perasaan. Saat ini Alex tak hanya ingin menjalankan tugas sebagai polisi, tapi dirinya juga ingin membalaskan dendam terhadap orang yang telah mengacaukan hidupnya.




9. Real Steel (2011)



Di masa depan, masyarakat dunia menjadi tak tertarik lagi dengan olahraga tinju dan olahraga sejenisnya. Tinju robot menjadi sangat populer dan digandrungi oleh banyak orang. Banyak dari mereka akan menciptakan sebuah robot petarung yang handal dan dijalankan menggunakan sebuah remot kontrol. Di tengah kondisi dunia yang seperti itu, hiduplah seorang mantan petinju bernama Charlie Kenton (Hugh Jackman). Charlie merasa bingung dengan hidupnya dan tak tahu lagi harus berbuat apa. Suatu ketika, Charlie menemukan sebuah robot rongsokan yang ia beri nama Atom. Robot ini sangatlah unik karena tampak berbeda dari robot pada umumnya.

Jika robot yang lain dikendalikan menggunakan remot kontrol, maka Atom dikendalikan menggunakan gerakan tubuh manusia. Itu karena Atom adalah robot generasi lama. Dimulailah petualangan Charlie dan Atom menuju pertandingan tinju yang mendebarkan.




10. Enthiran (2010)



Ini adalah salah satu film produksi India yang kocak dan lucu. Dr. Vasi adalah seorang ilmuwan brilian yang berhasil menciptakan sebuah robot canggih yang memiliki kecerdasan buatan. Robot itu bernama Chitti yang diprogram untuk melindungi umat manusia dan juga bisa merasakan perasaan manusia. Namun saat robot yang terlihat seperti manusia ini berhasil diciptakan dan siap untuk terjun ke dunia yang sebenarnya, masalah mulai muncul. Chitti mulai jatuh cinta kepada pacar dari Dr. Vasi.

Pertikaian antara Chitti dan Dr. Vasi pun tak bisa dihindarkan. Dengan berbagai teknologi canggih yang dimiliki Chitti, ia mulai melancarkan berbagai aksi pemberontakan melawan penciptanya.




11. Robot Overlords (2014)



Bumi telah dikuasai oleh para robot dari galaksi lain. Korban yang masih selamat harus tinggal di rumah mereka sambil mengenakan sebuah alat elektronik yang ditanamkan di dalam tubuh mereka. Para robot itu mengklaim bahwa mereka hanya ingin mengamati umat manusia, tapi manusia dipaksa untuk menuruti perintah mereka dan jika ada manusia yang tak mau diimplan, mereka akan musnahkan. Manusia yang keluar dari rumah mereka menjadi sangat beresiko.

Suatu ketika, ada tiga orang anak muda yang secara tak sengaja berhasil menonaktifkan implan milik mereka. Saat itulah mereka bisa keluar rumah dan para robot jadi kebingungan. Petualangan mereka pun dimulai.




12. Big Hero 6 (2014)



Ini adalah film animasi yang dibuat oleh pembuat yang sama dari Wreck-It Ralph dan Frozen. Bercerita tentang seorang anak bernama Hiro, yang sangat cerdas dan jenius. Ia sangat suka dan sangat ahli dalam urusan robot. Hiro punya kakak bernama Tadashi yang selalu memperhatikan adiknya dan membimbing Hiro. Namun saat Tadahi mengalami kecelakaan dan tewas, Hiro menjadi sangat sedih dan kehilangan semangat hidupnya. Satu-satunya hal yang bisa menghibur Hiro adalah Baymax, sebuah robot asisten kesehatan yang ditinggalkan kakaknya.

Sejak saat itu Hiro mulai melakukan berbagai eksperimen dan percobaan kepada Baymax. Hiro mulai memodifikasi Baymax dan menjadikannya sebuah robot canggih yang bisa melakukan berbagai hal menakjubkan. Suatu ketika, ada seorang penjahat yang muncul dan menggunakan teknologi canggih penemuan Hiro untuk melakukan kejahatan. Hiro memutuskan untuk membuat sebuah tim superhero untuk bertarung bersama Baymax melawan penjahat tersebut.




13. Ghost in the Shell (2017)



Di masa depan, manusia dan robot hampir tidak ada bedanya. Umat manusia telah berhasil menggantikan berbagai organ tubuh manusia dengan onderdil robot. Major (Scarlett Johansson) adalah seorang agen khusus dan orang pertama yang telah berhasil melakukan cangkok otak. Seluruh tubuhnya digantikan dengan tubuh robot sehingga ia menjadi senjata paling ampuh untuk menghentikan berbagai kriminalitas terutama terorisme. Namun saat Major telah berhadapan langsung dengan sang teroris, ia malah menemukan fakta bahwa selama ini dirinya telah dibohongi.




14. Battleship (2012)



Sebuah kapal perang angkatan laut bertemu dengan armada kapal asing milik Alien. Umat manusia harus menghadapi ancaman terbesar yang pernah dihadapi oleh Bumi ini. Ternyata para Alien sendang mencoba untuk menyerang Bumi dan jika pasukan itu kalah, dunia bisa menghadapi peristiwa kepunahan besar dan invasi alien. Akankah manusia memenangkan peperangan ini, apa yang dilakukan alien di sini, dan apa yang mereka inginkan? Peperangan untuk membela Bumi dimulai dari laut.




15. Battle Los Angeles (2011)



Los Angeles dan kota-kota lain di seluruh dunia sedang dibombardir oleh meteor yang tampaknya melambat begitu mereka menabrak atmosfer bumi. Bumi tiba-tiba diserang oleh alien luar angkasa yang telah mendarat di lepas pantai LA, dan yang mulai membunuh semua orang di sepanjang pantai. Militer diperintahkan untuk bertindak. Staf Kelautan Sersan Nantz (Aaron Eckhart), yang akan segera pensiun, ditugaskan kembali ke sebuah peleton baru. Peleton tersebut, berisi helikopter yang diterbangkan ke basis operasi depan Bandara Santa Monica, dipimpin oleh Letnan Martinez yang baru (Ramon Rodriguez).

Mereka dikirim dalam sebuah misi untuk menyelamatkan beberapa warga sipil yang terjebak di kantor polisi di wilayah asing. Mereka hanya punya waktu 3 jam untuk menyelesaikan misi mereka dan keluar sebelum bom Angkatan Udara dijatuhkan di zona itu.




Baca juga rekomendasi film berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment