Wednesday, August 1, 2018

10 Film Terbaik Tentang Kiamat (Non-Zombie)



Dari mulai meteor, tsunami, gempa bumi, dan zombie, semuanya itu telah menghiasi layar kaca. Kita kadang merasa takut membayangkan akan seperti apa bentuk dari akhir dunia alias kiamat. Namun dibalik itu, terkadang kita juga merasa penasaran. Industri perfilman sangat cocok untuk mengisi rasa penasaran tersebut. Berbagai teori dan kumpulan spekulasi tentang kiamat terkadang membuat kita bertanya-tanya. Berikut ini daftar film bagus tentang kiamat versi Jagongbakarrr.




1. War of the Worlds (2005)




Sebuah keluarga harus berjuang menyelamatkan diri saat kekacauan dunia sedang melanda. Tak jelas kekacauan apa yang sedang terjadi saat itu. Awalnya terlihat seperti sedang terjadi peperangan di seluruh dunia, namun ternyata bukan itu. Saat mereka harus berhadapan dengan para robot raksasa yang menteror Bumi, saat itulah mereka menyadari bahwa umat manusia sedang berhadapan dengan makhluk dari planet lain.





2. The Day After Tomorrow (2004)




Apa jadinya jika Bumi ini tertutup oleh es dan salju sepenuhnya? Film ini menggambarkan suatu perubahan iklim besar-besaran yang diakibatkan oleh global warming alias pemanasan global. Di tengah kekacauan dunia yang sedang melanda, seorang pria bernama Jack Hall harus berjuang melintasi badai dan berbagai rintangan lainnya dari Washington, D.C. sampai ke New York untuk menjemput anaknya.





3. Deep Impact (1998) & Armageddon (1998)




Sebenarnya cerita dari kedua film ini hampir sama. Sebuah komet raksasa akan segera menabrak Bumi, sekelompok astronot ditugaskan untuk terbang melintasi angkasa demi menghancurkan komet tersebut sebelum menghantam Bumi.





4. 2012 (2009)




Di ambang kehancuran dunia, seorang pria bernama Jackson Curtis berusaha untuk menyelamatkan keluarganya. Karena badai matahari yang sangat dahsyat, inti Bumi menjadi semakin panas dan kerak Bumi jadi tidak stabil. Ternyata hal ini telah diketahui dan dirahasiakan oleh pemerintah. Mereka telah mempersiapkan kapal-kapal raksasa untuk melanjutkan kelangsungan hidup umat manusia.

Hanya orang-orang khusus yang mendapat tiket untuk masuk ke dalam kapal-kapal tersebut. Dan sekarang, Jackson akan berusaha untuk menerobos masuk.





5. The Book of Eli (2010)




Di masa depan, Bumi telah menjadi gersang dan hancur akibat peperangan. Seorang pria bernama Eli, berpetualang untuk mengantarkan sebuah Buku Suci yang memegang kunci untuk menyelamatkan seluruh umat manusia. Siapa sangka, di tengah kekacauan dunia, di ambang kehancuran dunia, Kitab Suci sangat dibutuhkan dan dicari-cari. Di film ini ada pihak yang ingin menggunakan Kitab Suci untuk kepentingan politik dan jadi penguasa. Beruntung masih ada sosok Eli, sang tokoh utama yang dengan iman ingin mengantarkan Kitab Suci tersebut ke tempat tujuan.





6. Snowpiercer (2013)




Karena perubahan cuaca yang sangat ekstrim, Bumi menjadi planet es dan semua kehidupan mati. Hanya segelintir makhluk hidup yang berhasil bertahan hidup dengan menaiki sebuah kereta yang dapat berjalan tanpa henti mengelilingi dunia. Di dalam kereta tersebut, terdapat sistem kasta yang membedakan penumpang menjadi dua bagian, di depan dan belakang. Yang tinggal di depan gerbong bisa hidup enak sedangkan yang di belakang menderita.

Kini tiba saatnya bagi penduduk gerbong belakang untuk melancarkan sebuah aksi pemberontakan. Mereka melakukan perjalanan menuju gerbong depan dan harus melewati berbagai rintangan di setiap gerbongnya. Revolusi telah dimulai.





7. Knowing (2009)




Bercerita tentang seorang peneliti yang mendapat serangkaian ramalan tentang berbagai bencana yang akan terjadi di masa depan. Ia bernama John Koestler. Dirinya mulai menghitung dan membuktikan semua ramalan tersebut. Dan saat ia mengetahui tentang kiamat yang akan datang. John bersama dengan seorang wanita dan anak mereka, harus mencari tempat berlindung dan mencegah kepunahan umat manusia.





8. The Road (2009)




Ceritanya tentang ayah dan anak yang berusaha bertahan hidup setelah kiamat. Semuanya telah porak-poranda, hanya tersisa reruntuhan tanah gersang dan manusia yang menjadi kanibal. Mereka akan memakan setiap manusia yang mereka temui dan memperkosa setiap anak kecil dan perempuan.





9. Waterworld (1995)




Di masa depan, es kutub telah meleleh dengan dahsyat dan air memenuhi seluruh Bumi. Setelah beberapa lama waktu berlalu, manusia mulai berevolusi. Ada sebagian manusia yang bermutasi dan bisa bernafas di dalam air. Sang tokoh utama merupakan seorang pelaut yang berpetualang menjelajah dunia untuk menemukan daratan. Dalam perjalanan, ia harus menghadapi berbagai rintangan seperti kelompok penduduk dan para geng jalanan.





10. Mad Max Series




Bercerita tentang kiamat dimana Bumi menjadi gersang dan rusak. Tanah bumi sudah terlalu asam, sehingga tidak bisa ditanami dan tanaman jadi sangat jarang. Manusia bisa berperang karena air dan bensin. Mirip seperti film Waterworld (1995) yang sering tayang di TV. Namun bedanya, action yang ada di film ini kebanyakan berada di darat. Di tengah kekacauan tersebut, terdapat kerjaan-kerajaan dan para penguasa. Biasanya mereka memiliki sumber daya berharga untuk kelangsungan hidup umat manusia.

Sang tokoh utama, dibantu oleh beberapa survivor lainnya berangkat melawan kerajaan-kerajaan yang ada dan berniat untuk memulihkan ketertiban dunia.





Baca juga rekomendasi film, anime, dan TV series keren berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment