Sunday, March 11, 2018

15 Film Superhero Anti-Mainstream

Bicara soal superhero memang tidak pernah ada habisnya. Kita selalu dibuat penasaran akan kisah selanjutnya dari setiap film superhero Marvel dan DC yang tayang setiap tahunnya. Meskipun kedua buku komik itu memang keren dan sangat bagus, tapi ternyata ada juga berbagai film superhero unik yang tidak termasuk dalam Universe Marvel dan DC. Mungkin sebagian dari film ini sudah kamu tonton, tapi mungkin sebagian lagi belum pernah kamu tonton karena tidak terlalu terkenal. Berikut ini daftar film superhero anti-mainstream yang tidak kalah bagus dengan Marvel dan DC.



1. Watchmen (2009)



Bercerita tentang sebuah kelompok superhero yang telah pensiun dari kepahlawanan mereka. Mereka berniat ingin hidup normal saja. Namun, beberapa tahun kemudian saat salah satu dari mereka terbunuh secara misterius. Rorschach, salah satu anggota Watchmen yang masih aktif, memutuskan untuk menyelidiki kasus ini. Sementara di tempat lain, perang dunia ketiga sedang bergejolak. Apa Watchmen bisa menghentikannya ?

Ini bukan film superhero biasa, tidak banyak adegan action dan ceritanya cenderung membingungkan serta sulit dimengerti, sehingga tidak semua orang bisa menikmati film ini. Satu hal yang perlu dicermati adalah, film superhero ini diperuntukkan untuk penonton dewasa dan bukan untuk anak-anak. Ada banyak adegan dewasa di film ini.




2. Kick-Ass Series



Pernah gak kamu berpikir untuk jadi seorang superhero ? Jadi seorang pahlawan super yang mengalahkan berbagai macam penjahat. Namun kita selalu terbayang dengan berbagai kekuatan super yg dimiliki para superhero. Bagaimana jika kita tidak memiliki apa-apa ? Apa kita masih bisa jadi superhero ? Mungkin film ini bisa menjawabnya. Film ini bercerita tentang seorang anak SMA biasa bernama Dave.

Dia memutuskan untuk menjadi seorang superhero meskipun dia tidak punya apa-apa, tidak punya kekuatan super, tidak terlalu pintar, tidak punya uang yang banyak seperti Batman dan tidak punya tujuan khusus untuk melakukannya.




3. The Punisher Series



Seorang agen FBI bernama Frank Castle punya segalanya. Hidupnya bahagia dan berkecukupan bersama istri dan keluarganya. Tapi saat seluruh keluarganya dibantai oleh seorang pebisnis korup, Frank telahir kembali menjadi manusia baru. Kini saatnya Frank balas dendam kepada semua orang yang telah berbuat jahat kepadanya dan menegakkan keadilan dengan caranya sendiri.




4. Megamind (2010)



Seorang penjahat super bernama Megamind telah berhasil mengalahkan Metro Man, superhero sekaligus musuh bebuyutannya setelah berjuang sekian lama. Akhirnya Megamind dapat berkuasa dan mendapatkan apapun yang ia inginkan di dunia. Namun, setelah semua keinginannya terwujud, kini Megamind jadi galau, bosan dan kehilangan tujuan hidup. Tidak akan ada lagi pahlawan super yang akan bertarung melawannya dan menghentikannya. Tidak ada lagi aksi menegangkan dan pertarungan yang seru.

Untuk mengatasi semua itu, Megamind akhirnya mendapat ide untuk menciptakan seorang superhero baru bernama Tighten dengan kekuatan dahsyat sama seperti Metro Man. Akan tetapi, ternyata Tighten bukanlah orang baik dan tidak bisa menjadi pahlawan, dia tidak berusaha untuk melawan Megamind tapi malah menghancurkan kota setelah dicampakkan oleh seorang wanita. Kini Megamind harus menghentikkan Tighten dan menyelamatkan seluruh kota Metro.




5. Hellboy Series



Pada saat Perang Dunia II hampir berakhir, Nazi mencoba menggunakan sihir untuk membuka portal menuju dunia lain demi membantu mereka. Pihak Sekutu menyerang perkemahan tempat upacara sihir berlangsung, tapi Hellboy, iblis dari neraka telah berhasil masuk ke dunia manusia. Hellboy bergabung dengan pasukan Sekutu dan akhirnya tumbuh sampai dewasa. Ia menjadi orang baik dan menjadi pembasmi kejahatan.




6. The Incredibles Series




Bob Parr (A.K.A. Incredible), dan istrinya Helen (A.K.A. Elastigirl), adalah pahlawan super terkenal yang melawan berbagai kejahatan di dunia Metroville. Mereka selalu menyelamatkan nyawa dan memerangi kejahatan setiap hari, tapi lima belas tahun kemudian, keluarga superhero ini memutuskan untuk pensiun dan hidup normal sebagai orang biasa. Keduanya tinggal di pinggiran kota bersama ketiga anak mereka Violet, Dash dan Jack-Jack (yang juga punya kekuatan super sama seperti orangtua mereka). Bob yang kini sudah jadi pekerja kantoran, merasa rindu dan ingin beraksi lagi sebagai superhero.

Saat kekacauan besar melanda kota, akhirnya mereka sekeluarga mendapatkan kesempatan untuk beraksi kembali. Ini hanya bisa diselesaikan dengan usaha keluarga super yang bersatu untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran total.




7. Hancock (2008)



John Hancock adalah seorang superhero kuat yang tak dianggap karena dia adalah seorang pecandu alkohol dan kelakuannya yang sembrono. Itu menyebabkan dirinya menjadi orang yang paling dibenci di Los Angeles. Meski dia sudah menyelamatkan banyak orang, tapi dia juga sering menghancurkan banyak properti yang ada di kota dan menyebabkan banyak kerugian. Suatu ketika, Hancock berhasil menyelamatkan seorang pria bernama Ray Embrey dari kecelakaan kereta.

Ray sangat berterimakasih kepada Hancock dan dia ingin membantu Hancock untuk menjadi superhero yang baik supaya masyarakat bisa suka kepadanya.




8. The Crow (1994)



Seorang gitaris bernama Eric Draven dihidupkan kembali oleh seekor burung gagak setahun setelah dia dan tunangannya dibunuh. Eric memutuskan untuk belas dendam dengan bantuan sang burung gagak terhadap para mafia yang telah membunuhnya. Tapi pemimpin dari para mafia tersebut adalah seorang penjahat kelas kakap yang sangat kejam. Apa Eric akan berhasil ?




9. Darkman (1990)



Peyton Westlake adalah seorang ilmuwan yang telah menemukan cara untuk memproduksi kulit sintetis. Ini bisa jadi revolusi pencangkokan kulit di dunia medis. Namun terdapat satu kelemahan yang sangat fatal terhadap penemuan Peyton. Kulit sintetis ini bisa meleleh setelah 100 menit terpapar cahaya. Suatu ketika, Peyton diserang oleh preman dan kulitnya terbakar habis. Ia diasumsikan telah meninggal, tapi Peyton akhirnya bangkit dan berniat untuk membalas dendam. Peyton, alias Darkman, bisa berubah wujud menjadi siapa saja menggunakan kulit sintetisnya, meski ia hanya memiliki 100 menit setiap kali menyamar.




10. Spawn (1997)



Seorang pembunuh bayaran bernama Al Simmons ditipu dan dibunuh oleh bos jahatnya Jason Wynn. Alhasil Al masuk ke neraka dan membuat perjanjian dengan iblis untuk kembali ke Bumi sebagai Spawn demi menemui istrinya. Dia diperintahkan oleh sang iblis, The Clown, untuk membunuh Wynn. Tapi ternyata Wynn juga telah membuat kesepakatan dengan Clown dan harus menghancurkan dunia dengan virus mematikan yang akan membantu memulai Kiamat serta memulai peperangan antara Surga dan Neraka. Antara baik dan jahat, mana yang harus Spawn pilih ?




11. Mystery Men (1999)



Sekelompok pahlawan super amatir yang tidak kompeten harus menyelamatkan penduduk kota ketika seorang penjahat super mengancam untuk menghancurkan para superhero dan seluruh kota. Ini adalah film komedi, jadi wajar saja kalau ceritanya akan sedikit agak aneh. Para pahlawan super yang ada di film ini juga merupakan orang-orang biasa yang tak memiliki kekuatan khusus.




12. Birdman (2014)



Riggan Thomson adalah seorang aktor yang terkenal dengan perannya di film komik superhero ikonik berjudul "Birdman" lebih dari dua puluh tahun yang lalu. Peran superhero tersebut mengambil alih hidupnya, dimana Birdman lebih terkenal dari pada "Riggan Thomson" sang aktor. Sekarang melewati usia pertengahan, Riggan mencoba untuk membangun karirnya kembali sebagai seniman sejati dengan menulis, mengarahkan, membintangi dan memproduksi drama Broadway-nya sendiri bersama dengan sahabatnya Jake. Tapi perjuangan Riggan sangat tidak mudah.




13. Blade Series



Di sebuah dunia dimana vampir benar-benar ada, ada seorang manusia setengah vampir bernama Blade yang menjadi pelindung bagi manusia dan membasmi para vampir yang jahat.




14. Daredevil (2003)



Ketika Matt Murdock masih kecil, ia mengalami sebuah kecelakaan yang menyebabkan matanya menjadi buta. Sejak saat itu ia bertumbuh menjadi pria buta dan menjadi seorang pengacara. Karena matanya yang tak bisa melihat, anggota tubuh Matt yang lainnya seperti indera pendengaran dan indera penciuman menjadi lebih sensitif daripada orang normal pada umumnya. Dengan kemampuan beladirinya, Matt bisa menjadi superhero dan mengadili orang-orang yang tak bisa diadili di pengadilan.




15. Teenage Mutant Ninja Turtles (2014)



Ketika seorang penjahat super muncul dan mengancam kota New York, sekelompok prajurit kura-kura yang bermutasi harus bangkit dari selokan dan keluar dari bayang-bayang kota untuk melindungi rumah mereka.




Baca juga rekomendasi film berikut ini :

0 komentar:

Post a Comment