Friday, April 1, 2016

Sinopsis Film : The Cove (2009)

Jepang... Apa yg kamu pikirkan ketika mendegar atau melihat nama Jepang ? Anime ? Artis ? Penyanyi ? Game ? Film ? Bagaimana jika lumba - lumba ? Apa hubungannya Jepang dengan lumba - lumba ? Mungkin sebagian dari kalian sudah tau, tapi aku rasa sebagian dari kalian belum pada tau. Dengan perlengkapan seadanya sekelompok aktivis dan beberapa "ahli lumba - lumba" pergi ke sebuah teluk kecil di Taiji, Jepang untuk mengungkap sebuah aksi mengejutkan tentang kekerasan pada binatang dan ancaman bagi umat manusia. Ini adalah film dokumenter.

Singkat cerita :

Richard O'Barry adalah seorang penangkap dan pelatih lumba - lumba untuk acara televisi Flipper (1964). Hidup Richard berubah semenjak lumba - lumba perliharaannya terbukti mati akibat bunuh diri di depan matanya. Lumba - lumba itu bunuh diri karena terlalu stress dikurung terus. Sejak saat itu Richard menjadi aktivis yg menantang keras penangkapan lumba - lumba. Selama ini kita telah salah menilai lumba - lumba.

Pada dasarnya, lumba - lumba adalah mahluk sosial sama seperti kita, jadi ketika dikurung dan sendirian dia bakal stress. Lalu kenapa lumba - lumba bisa bunuh diri ? Karena lumba - lumba adalah mahluk yg pintar, bahkan lebih pintar dari kita. Lumba - lumba dapat menggunakan 20% dari kapasitas otaknya, berbeda dengan manusia yg hanya bisa menggunakan 10% dari kapastias otak yg ada. Jadi jika kita saja bisa merasakan sakit, galau, sedih, marah, senang, dll, apalagi lumba - lumba ?


Suatu ketika Richard dan pembuat film Louie Psihoyos pergi ke Taiji, Jepang untung mengungkap aksi mengerikan terhadap lumba - lumba. Asal kalian tau saja lumba - lumba disana dikumpulkan, dijual hidup - hidup untuk pertunjukkan dll, bahkan dibantai untuk diambil dagingnya. Padahal lumba - lumba masih termasuk keluarga paus, dan paus adalah hewan yg dilindungi. Yg lebih aneh dan mencengangkan lagi adalah semua itu dilakukan setiap hari tanpa diketahui dunia, termasuk warga Jepang sendiri.


Bagaimana cara mereka menyembunyikannya ? Bagaimana cara Richard dan teman - temannya dalam mengungkap semua rahasia tersebut ? Berapa harga lumba - lumba ? Bagaimana semua ini bisa mengancam kehidupan manusia ?

0 komentar:

Post a Comment